Microsoft putuskan gabung Linux Foundation

Microsoft melakukan keputusan yang luar biasa kali ini. Setelah beberapa langkah strategis yang cukup mencengangkan, kali ini mereka memutuskan untuk bergabung dalam Linux Foundation. Linux Foundation adalah sebuah organisasi nirlaba yang selama mendanai pengembangan sistem operasi rival terbesarnya yaitu Linux.

Keputusan ini adalah suatu langkah yang serius. Bergabung sebagai Platinum Member, Microsoft kini menjadi bagian dari beberapa kontributor besar Linux Foundation. Berdiri bersama IBM, Intel, Oracle, Huawei dan beberapa Platinum Member lainnya, kini Microsoft adalah salah satu ujung tombak yang membiayai semua pengembangan aplikasi yang ada dibawah naungan Linux Foundation.

Microsoft Putuskan gabung dalam Linux Foundation
Microsoft Headquarter

Keputusan yang diambil oleh Satya Mandella ini adalah keputusan yang cukup berani sekaligus mengakhiri “pertikaian” dunia closed source dengan open source sebagai rival. Mengapa tidak? Setelah sekian lama mereka di cap sebagai kontra open source, kini mereka mengambil posisi sebagai salah satu member terbesar yang berdiri didepan pengembangan software berbasis open source. Langkah yang cukup menarik untuk diikuti perkembangannya.

Sebenarnya arah kebijakan Satya Mandella ini sebenarnya sudah mulai terlihat sejak beberapa tahun lalu, keputusan yang mereka ambil dengan cara bekerjasama bersama Canonical dalam menyertakan Ubuntu didalam Windows 10, melakukan porting aplikasi database andalan mereka SQL server untuk dapat beroperasi didalam lingkungan sistem operasi Linux, turut membiayai pengembangan aplikasi berbasis open source seperti Node.js, Open Container Initiative, dan masih banyak lagi.

Walaupun banyak penggiat open source yang memandang keputusan dibawah komando Satya Mandella belakangan ini memunculkan banyak tanya tentang apa yang terjadi di belakang keputusan tersebut, namun langkah ini tetaplah perlu kita apresiasi. Karena biar bagaimanapun langkah ini merupakan langkah besar yang sedikit banyak sangat membantu perkembangan open source itu sendiri.

Apakah langkah ini akan berdampak banyak bagi perkembangan open source didunia? Tidak ada yang tahu. So, welcome a board Microsoft!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *