Tentang Kami

IGOS Center Bekasi

IGOS Center Bekasi adalah pusat pemanfaatan, pemberdayaan, pelatihan dan penyedia dukungan profesional di bidang open source. Didirikan pada tahun 2009, IGOS Center Bekasi adalah hasil kerjasama Kementerian Riset dan Teknologi dengan Tazakka Maju Mandiri.

IGOS Center Bekasi berkomitmen untuk meningkatkan inovasi dan kreatifitas anak bangsa, sesuai dengan program besar bangsa Indonesia menuju bangsa yang mandiri terutama dalam hal pemanfaatan perangkat lunak, sebagaimana amanah yang tertuang dalam semangat Indonesia, Go Open Source!

Dalam pelaksanaan programnya, IGOS Center Bekasi berkerjasama dengan berbagai pihak termasuk salah satunya adalah Komunitas Pengguna Linux Bekasi.

Sebagai lembaga penyedia dukungan profesional untuk pemanfaatan dan pemberdayaan open source di Bekasi, IGOS Center Bekasi siap mengantarkan pemerintah Bekasi memenuhi target SURAT EDARAN MENPAN (SE/01/M.PAN/3/2009) tentang pemanfaatan perangkat lunak legal dan open source software (OSS) pada akhir 2011. Ini dibuktikan dengan terpilihnya Pemerintah Kabupaten Bekasi sebagai penerima penghargaan khusus pada INDONESIA OPEN SOURCE AWARD (IOSA) 2010 dengan keunggulan sukses implementasi Open Source Software di bidang pengolahan data elektronik.

Indonesia, Go Open Source!

Indonesia, Go Open Source! atau biasa dikenal dengan singkatan IGOS adalah gerakan bersama seluruh masyarakat Indonesia, ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Bersama pada tanggal 30 Juni 2004 oleh Menteri Riset dan Teknologi Hatta Rajasa, Menteri Kommunikasi dan Informasi H. Syamsul Mu’arif, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara H. M. Feisal Tamin, Menteri Kehakiman dan HAM Yusril Ihza Mahendra dam Menteri Pendidikan Nasional Abdul Malik Fadjar.

Semangat gerakan ini memiliki sasaran sebagai berikut:

  • Memberikan lebih banyak alternatif perangkat lunak yang dapat digunakan oleh masyarakat secara legal dan terjangkau, sehingga jumlah pengguna komputer meningkat.
  • Peningkatan kemampuan riset dan pengembangan teknologi informasi nasional bidang perangkat lunak.
  • Menciptakan kompetisi pengembangan teknologi informasi untuk dapat bersaing di percaturan global.

Sebagai dukungan dan dorongan agar tercapainya sasaran tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika menerbitkan Surat Edaran Nomor: 05/SE/M.Kominfo/10/2005 ditindaklanjuti dengan terbitnya Surat Edaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: SE/01/M.PAN/3/2009. Selain itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa Haram tentang Penggunaan Software Bajakan dengan Nomor: 1/MUNAS VII/MUI/15/2005.

IGOS CENTER BEKASI
Pondok Surya Mandala Blok P No 7, Bekasi, 17146, JABAR, Indonesia
p: +62 899 160 9966  (Tiara)
w: www.igos.web.id e: info@igoscenter.web.id